[Resep] Lidah Kucing / Katetong

Yey.. lebaran sudah dekat *eh* puasa aja belum ya? Hari ini, 21 Juni, aku yang lagi ijin kerja karena flu berat memutuskan untuk bikin lidah kucing. Siapa tahu bisa jadi ide usaha sih *hehe* Berbekal kitab masakan si Ibu, dimulailah baking pertama sungguhanku. Sebelumnya sih cuma sempet bikin bread pudding. Nanti aku share ya resep pudding rotinya ^^

Sekarang, aku share dulu resep ala kadarnya diriku membuat lidah kucing alias katetong.

Resep :

1 bungkus blueband (sekitar 200 g)
3/4 gelas gula halus (pakai gelas belimbing ya, sekitar 175 g)
1 gelas tepung (pakai gelas belimbing, sekitar 200 g)
1 sdm gula pasir
3 putih telur
1 kuning telur
Vanili secuplik

Cara :


  • Kocok blueband, gula halus dan kuning telur. Sekitar 3 menitan.
  • Masukkan putih telur dan tepung. Pakai mixer ya kak sampai halus. Lihatin terus adonannya sampe bener-bener halus ^^ 
  • Masukkan gula dan vanili
  • Siapkan oven (aku pakai oven kompor, bukan yang listrik, kira-kira 5-10 menit)
  • Siapkan plastik segitiga (aku pakai plastik biasa, the power of kepepet) Masukkan adonan ke plastik, gunting ujungnya dan siapkan loyang.
  • Olesi dulu loyang lidah kucing pakai mentega 


  • Semprotkan adonan secukupnya, jangan kebanyakan nanti beleber
  • Kalau sudah semua, tinggal tepuk-tepuk biar adonan melebar ke cetakan.

  • Masukkan ke oven dan tunggu 15-25 menit.
Voilaa... dan inilah lidah kucing alias katetong bikinan aku hari ini. Pamerin fotonya aja ya :p





Yang terakhir ini bukan gosong ya :p tapi ini versi lidah kucing coklat. Kamu cukup tambahkan 1 sendok bubuk coklat, aku pakai sejenis van houten. Rasanya nggak kalah enak :p

TIPS :   Di resepnya, sebenernya nggak pakai gula. Karena aku bandel, ku tambahlah satu sendok makan. Enak sih di akhirnya, tapi sepertinya aku agak kurang lama ngemixernya. Alhasil, gulanya masih kelihatan ya :( Nah tipsnya, bener-bener harus pakai feeling nih, kak. Rasain ketika ngemix nggak ada 'geronjal-geronjal', harus sampai gula pasirnya halus beneran halus biar tampilannya cantik.

Happy trying ^^ See you when I see you. Muah.

Comments

Post a Comment